Cara Mengoptimalkan Website di Mesin Pencari

Cara Mengoptimalkan Website di Mesin Pencari

Ingin mengarahkan lebih banyak pelanggan potensial ke situs web Anda? Berikut adalah beberapa langkah dasar yang akan membantu meningkatkan kehadiran wbesite Anda di mesin pencari.

Mengenai cara mengoptimalkan website di mesin pencari tidak hanya dilakukan pemula yang website nya baru dibuat bahkan perusahaan-perusahaan bisnis online yang sudah lama berdiri melakukan perjuangan besar untuk diperhatikan oleh pengguna mesin pencari terutama Google, Web merupakan rumah bagi ratusan juta domain Internet dan puluhan miliar halaman yang diindeks search engine, Lalu lintas yang secara langsung berhubungan dengan peringkat situs Anda di antara hasil pencarian, maka semakin tinggi peringkat semakin banyak yang akan Anda dapatkan.

SEO ( Search Engine Optimization ) menjadi bagian yang sangat penting namun mungkin saat ini situs anda tidak ada antara Top 10 websites tapi mau tidak mau anda harus dapat meningkatkan peringkat website secara signifikan dan bahkan mencetak beberapa kata kunci supaya berada di 10 peringkat teratas hasil pencarian.

Apakah perlu melalui konsultan untuk melakukan SEO ( Search Engine Optimization ) untuk mengoptimalkan website di mesin pencari? itu bisa saja anda lakukan hanya jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan nya sendiri (. jika dilakukan sendiri bisa menghabiskan sekitar satu jam per halaman)

Poin-poin dibawah akan membantu Anda mengetahui cara mengoptimalkan website di mesin pencari, meningkatkan performa website pada dasarnya ada dua faktor yaitu faktor kekuatan kata kunci yang terkait dengan halaman dan organisasi serta fungsi dari situs web.

Dasar-dasar dari SEO ( Cara Mengoptimalkan Website di Mesin Pencari )

1. Memilih Kata Kunci
Optimasi kata kunci pada dasarnya sangat sederhana: Temukan kata kunci yang paling sering orang cari atau yang sering dicari berhubungan dengan produk yang anda tawarkan kemudian bangun konten website dengan tulisan-tulisan yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.

Namun anda juga harus memahami rasio kompetitif, secara umum kata kunci yang paling digunakan dan paling menguntungkan sudah dikuasai oleh situs-situs populer yang mempunyai peringkat tinggi, namun anda bisa manfaatkan "kata dan frase yang sedang dicari tapi yang mungkin telah diabaikan oleh situs-situs lain"

2. Menempatkan Kata kunci strategis
Begitu Anda telah menentukan kata kunci yang terbaik untuk digunakan, Anda perlu menempatkan kata kunci tersebut secara strategis, di bagian atas halaman, dalam tag yang mendefinisikan karakteristik keseluruhan halaman. (Kode Sebuah halaman web tentu saja biasanya tidak terlihat dalam jendela browser, untuk melihatnya bisa klik kanan di browser dan klik "view source"

3. Link dari website lain
Salah satu hal terbesar yang mesin pencari utamakan setelah konten dan relevansi adalah kualitas link ke website Anda dari website terkemuka dimana website tersebut harus memiliki kira-kira materi yang sama dengan materi website anda dan mempunyai peringkat yang baik pada mesin pencari.

4. Promosi Website
Perlu diingat sementara anda mengoptimalkan SEO tapi itu bukan satu-satunya cara bisa juga anda mempromosikan website melalui kata dari mulut ke mulut, iklan tradisional, media tradisional, posting di forum yang sama, direktori web dll. Banyak sekali bentuk-bentuk alternatif iklan yang bisa anda manfaatkan.

5. RSS Sitemap Generator
Pastikan untuk menambahkan RSS sitemap ke direktori root Anda untuk membantu mesin pencari mengklasifikasikan situs Anda. Jenis sitemap akan mempermudah mesin pencari mengklasifikasikan website Anda yaitu dengan XML Sitemaps yang merupakan layanan gratis yang menyediakan sitemap generator.

6. HTML Sitemap
Halaman lain yang penting pada website Anda adalah sebuah teks sitemap HTML di web, meskipun RSS sitemap penting untuk mengklasifikasikan website Anda di mesin pencari namun isi situs Anda lebih baik menggunakan sitemap di website agar pengunjung website Anda lebih mudah melihat/menemukan konten website Anda.

Dibawah ini adalah rangkuman Cara Mengoptimalkan Website di Mesin Pencari

Dasar SEO praktek dan aplikasi
- Masukkan kata kunci dalam tag judul.

- Sertakan kata kunci dalam konten Anda.

- Pastikan bahwa kata kunci Anda secara akurat menggambarkan tema atau subjek dari setiap halaman.

- Gunakan kata-kata atau frase yang pengunjung ketik di mesin pencari untuk menemukan website Anda.

- CSS dan JavaScript yang bagus, tapi perlu diingat mesin pencari spider tidak memiliki petunjuk mengenai apa yang harus dilakukan ketika akan merayapi  halaman web Anda jika tidak ada konten di dekatnya jadi CSS di website harus disertai konten website.

- Jika situs Web Anda adalah bisnis, pastikan alamat bisnis dan informasi lainnya tersedia di setiap halaman.

- Optimalkan setiap halaman situs Anda menggunakan kata kunci bertarget tertentu, Pastikan bahwa judul halaman Anda mencerminkan kata kunci dan  pastikan mengulanginya dalam isi halaman.

- Pastikan bahwa ada banyak teks link dalam navigasi website agar bisa diikuti spider mesin pencari, Hindari terlalu banyak link dan gambar peta atau opsi drop down menu.

- Bacalah setiap aturan mesin pencari untuk memastikan Anda tidak melanggar TOS mereka sebelum Anda mengirimkan URL Anda.

- Cobalah untuk memiliki website berkualitas lainnya yang benar-benar berkualitas sehingga jangan sampai masuk ke kategori link farming.

Begitulah Tips dasar cara mengoptimalkan website di desin pencari dimana masih banyak tips lain yang bisa anda cari referensi nya di internet, jangan lupa untuk selalu aktif mengurus website anda ketika sudah mempunyau satu atau banyak website.