Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam, Ini adalah periode puasa, berdoa, meningkatkan amal dll bagi yang menjalankan nya, Ayat-ayat pertama dari Al Qur'an (Qur'an) diturunkan kepada Nabi Muhammad selama sepertiga terakhir bulan Ramadan, membuat bulan ramadhan adalah sebuah periode teramat suci.

Apa yang orang lakukan?
Ramadhan adalah bulan puasa bagi umat Islam, Puasa selama bulan Ramadhan adalah salah satu dari Lima Pilar (kewajiban agama yang mendasar) Islam, Ini adalah saat pemeriksaan diri dan pengabdian agama menjadi lebih meningkat, pada bulan ramadhan orang-orang juga melakukan sholat tarawih yang dimaksudkan untuk meningkatkan amal ibadah menjadi lebih meningkat

Orang-orang beriman di Islam dianjurkan untuk membaca Al Qur'an selama bulan Ramadhan, Beberapa Muslim membaca Alquran seluruhnya pada akhir Ramadhan disertai doa-doa khusus yang diadakan di masjid-masjid setiap malam bulan ramadhan di mana bagian Al-Qur'an dibacakan.

Ramadhan juga merupakan bulan untuk aksi amal, Beberapa pusat Islam dan organisasi secara aktif mengambil bagian dalam acara amal dan kegiatan seperti memberikan kebutuhan pokok, termasuk makanan dan pakaian, untuk para tunawisma atau menyumbangkan peralatan sekolah untuk sekolah.

Beberapa sekolah bagi siswa dari agama Islam dapat memegang acara khusus untuk menyambut Ramadhan, Beberapa pihak sekolah dapat menerbitkan permintaan pada atau sebelum Ramadhan, meminta anggota staf di semua sekolah untuk membantu mahasiswa Muslim melakukan ritual puasa mereka.

Beberapa atau kebanyakan Kegiatan bisnis pun diberbagai organisasi atau perusahaan menyesuaikan jam kerja selama bulan Ramadhan, banyak perusahaan menutup jam kerja lebih awal agar karyawan nya dapat melaksanakan buka puasa bersama keluarga mereka masing-masing.

Latar Belakang
Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam, yang terdiri dari 12 bulan dan berlangsung selama sekitar 354 hari, Kata "Ramadhan" berasal dari kata bahasa Arab panas yang menyengat, tanah tandus dan menahan makanan dan minuman, Hal ini dianggap sebagai bulan paling suci dan diberkati.

Bulan Ramadhan dimulai dengan penampakan bulan baru, menandai awal bulan kesembilan dalam kalender Islam, Banyak Muslim (kecuali anak-anak, orang sakit dan orang tua yang dalam artian tidak mampu menjalankan puasa) menjauhkan diri dari makanan, minuman, dan beberapa kegiatan lain selama siang hari di bulan Ramadhan.

Ramadhan dianggap sebagai bulan paling suci dalam Islam dan juga dikatakan telah diwahyukan kepada Nabi Muhammad ada malam Laylat Al-Qadr, salah satu dari 10 malam terakhir bulan, banyak mesjid-mesjid pada malam ini menjalankan baca quran bersama.

Ramadhan berakhir ketika bulan sabit pertama dari bulan baru terlihat lagi, menandai awal bulan lunar baru, Idul Fitri adalah hari libur Islam yang menandai akhir Ramadhan dan sering disebut perayaan kemenangan setelah menjalani puasa sebulan penuh.