Cara Mudah Edit Boot Loader di Ubuntu

Bagaimana cara mudah edit boot loader di ubuntu ? misalkan anda memiliki dua OS yaitu linux dan Windows 7, ketika pc atau laptop dinyalakan maka akan muncul pilihan OS mana yang akan dipakai.

yang saya tulis disini adalah bagaimana jika kita ingin edit salah satunya.

Ada berbagai macam cara cara mudah edit boot loader di ubuntu terutama dengan cara edit grub menggunakan command line, bagi anda yang sudah biasa tentu tidak akan kesulitan menggunakan perintah command line di terminal, lalu bagaimana cara yang paling mudah untuk menghilangkan pilihan OS ketika pertama kali booting ? cara yang paling simple adalah gunakan Grub Customizer kalau di linux 12.04 Grub Customizer sudah langsung ter install jika belum ada anda bisa langsung menuju ubuntu software center lalu search Grub Customizer kemudian install

Cara lain adalah install melalui terminal tekan ctrl+alt+T lalu ketik :

sudo add-apt-repository ppa:danielrichter2007/grub-customizer
sudo apt-get update
sudo apt-get install grub-customizer

Setelah terinstall lalu jalankan Grub Customizer dengan cara search di Dash atau Aplication->System Tools->Administration

Setelah plih Grub Customizer dan masukan password administrator kemudian pada bagian baris boot silahkan sesuaikan dengan keinginan.

Grub Customizer juga bisa digunakan untuk mengganti gambar background ketika loading startup di ubuntu caranya setelah menjalankan Grub Customizer lalu pilih tab Preferences kemudian pilih Appearance pada bagian background image klik browse dan pilih gambar yang diinginkan lalu save dan restart PC.