Wisata Alam Pegunungan Gunung Puntang

Wisata Alam Pegunungan Gunung Puntang berada di kawasan Bandung selatan tepatnya di Desa Cimaung Kabupaten Bandung.

Jarak dari kota Bandung ke Wisata alam pegunungan gunung puntang sekitar 30 kilo meter arah selatan, bagi Anda yang memiliki kendara pribadi tentu akan lebih nyaman karena jalan yang di tempuh cukup enak di pandang dan tidak perlu berdesak-deskan dengan penumpang lain tentunya.

Kawasan wisata Gunung Puntang pada umumnya merupakan kawasan yang sangat cocok untuk berkemah, Gunung Puntang juga dikenal sebagai kawasan wisata sejarah yang dulunya merupakan komplek Stasiun Malabar, saat itu tahun 1919 yang merupakan stasiun radio terbesar pertama di Asia.

Gunung Puntang berada pada ketinggian 1.300 meter diatas permukaan laut dengan suhu udara antara 18 sampai dengan 23 derajat celsius sangat cocok untuk wisata berpetualang atau bermalam dengan mendirikan tenda atau sekadar menikmati udara segar pegunungan.

Sekitar 500 meter dari pintu gerbang masuk, kita akan melihat lapangan yang biasa digunakan untuk berbagai macam kegiatan dan tidak jauh dari lokasi tersebut kita akan menemukan lokasi Kampung Radio yang meski hanya tinggal reruntuhan.

Gunung Puntang
Image by Joe Alfaraby

Dekat pintu masuk tertulis nama-nama siapa yang pernah tinggal di kampung itu, di antaranya :

  • Mr. Han Moo Key

  • Mr. Nelan

  • Mr. Vallaken

  • Mr. Bickman

  • Mr. Hodskey

  • Ir. Ong Keh Kong

  • Djukanda

  • Sudjono dan

  • Sopandi

Menurut sejarah lokasi perkampungan karyawan stasion yang dipimpin oleh Dr. Ir. C.J. de Groot (1923) dahulunya kompleks rumah dinas yang dilengkapi lapangan tenis, kolam renang, pertokoan, bahkan bioskop.

Dekat lapang dan reruntuhan kampung radio juga ada dua goa yang menarik, goa itu konon dibuat oleh belanda pada tahun 1940 dan ada kemungkinan dulu kedua goa tersebut saling berhubungan.

Untuk masuk ke dalam Goa tersebut haruslah hati-hati karena selain gelap juga semakin dalam jalanan semakin becek dan berbatu.

dari Gunung Puntang kita juga bisa menuju ke Curug Siliwangi, untuk mencapai Curug Siliwangi ini sebaiknya menggunakan jasa pemandu agar tidak tersesat dan akhir nya bingun mencari jalan untuk kembali, bahkan tidak hanya tersesat mungkin juga akan bertemu dengan satwa liar yang berbahaya.

Pegunjung yang membawa keluarga sudah dapat menikmati fasilitas rekreasi Bougenvile yaitu fasilitas milik swasta berupa taman wisata yang menyediakan dua kolam renang besar untuk anak-anak dan dewasa.

di tempat Wisata alam pegunungan gunung puntang selain dapat menikmati kesegaran alam pegunungan yang masih segar dan air sungai yang sangat jernih, pengunjung juga dapat menyaksikan satwa dan tumbuhan-tumbuhan sehingga menjadikan Gunung Puntang sebagai objek wisata yang sarat dengan pendidikan terutama bagi putra-putri Anda yang dalam masa belajar.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke daerah pengunungan, Gunung Puntang merupakan pilihan yang sangat tepat.

Sumber : dari berbegai sumber