Sekilas Tentang Sejarah Hosting dan Bagaimana Cara Memulai Bisnis WebHosting

Bisnis Web Hosting - Layanan web hosting telah ada jauh sejak konsepsi pada tahun 1991 dan setiap tahun jutaan dolar dihabiskan untuk pengembangan bisnis ini, Memiliki situs web adalah suatu keharusan bagi para pelaku bisnis sekarang ini, agar bisnis yang dijalanai tetap kompetitif di pasar karena para pesaing lainnya sudah hampir memiliki sebuah situs web yang yang disimpan pada server di sebuah perusahaan web hosting, Web Hosting akan terus tumbuh dan berkembang karena akan semakin banyak perusahaan atau pribadi yang ingin mepublisitaskan layanan yang ingin diberikan.

Selama lebih dari satu dekade, web hosting terus tumbuh dan berkembang menjadi industri multi jutaan dengan adanya penciptaan world wide web, pengguna teknologi mulai menyadari kebutuhan akan web hosting .

Sebelum penemuan web hosting siapapun yang ingin menyimpan informasi dan ingin menampilkan nya ke khalayak luas harus memiliki server sendiri secara individu untuk menyimpan data kemudian para pengusaha segera menyadari bahwa mereka dapat memanfaatkan kebutuhan ini dengan membeli dan menyiapkan beberapa server dan menyewakan space hosting mereka kepada yang tidak memiliki waktu, sumber daya, atau minat untuk berinvestasi dalam mengoperasikan server sendiri, maka dari kebutuhan ini industri web hosting mulai lahir.

Setelah pembatasan komersial world wide web dihapus pada tahun 1991 maka terjadi ledakan aktivitas komersial bisnis hosting yang terjadi di seluruh dunia, perusahaan-perusahaan bergegas untuk mengembangkan kehadiran bisnis ini agar tetap kompetitif, perdagangan di Internet yang tampaknya tak terbatas memungkinkan web hosting bisa dimiliki siapa saja, terlepas dari apakah pengguna individu ataupun pengguna pribadi sampai sebuah perusahaan besar.

Revolusi perdagangan elektronik yang dimulai 17 tahun yang lalu mendorong perusahaan-perusahaan untuk memasarkan produk-produk mereka melalui situs web sehingga bisa menjangkau klien dari seluruh dunia dengan memiliki situs web di Internet.

Sebelum revolusi ini terjadi, penggunana server dan internet hanya digunakan terutama oleh dunia akademis dan pengguna yang pandai secara teknis yang mampu mengoperasikan sebuah situs di internet namun dengan adanya situasi tersebut justru menjadikan bisnis web hosting menjadi banyak fitur yang bisa dijual dan di tawarkan oleh para pebisnis hosting.

Awalnya bisnis Web hosting dimulai dengan biaya yang cukup mahal dan sangat kompleks tetapi saat ini telah jauh berkembang bahkan untuk pengguna dasar sekalipun, sekarang space pada server dapat dibeli dengan relatif murah dan hampir semua orang memiliki akses untuk dapat meng host situs web mereka.

Teknologi ini telah menjadi sangat user friendly, sekarang ada berbagai layanan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan klien kecil sekalipun.

Lalu langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan ketika ingin memulai bisnis web hosting ? akan Saya bahas dalam artikel selanjutnya.

Cara Mulai Bisnis Web Hosting